Nur Hakiki Lestari, - (2020) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa dalam Proses Pembelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanah Putih. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYAIF KASIM RIAU.
Text
BAB IV.pdf Download (732kB) |
|
Text (BAB IV)
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Nur Hakiki Lestari, (2019): Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa dalam Proses Pembelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanah Putih Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan Tipe Numbered Head terhadap tingkat pemahaman siswa dalam proses pembelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanah Putih. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya tingkat pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi, padahal guru sudah maksimal dalam pembelajaran. Penelitian ini adalah Quasi Experimental. Desain dalam penelitian ini menggunakan Nonequivalent Group Design. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanah Putih sedangkan objeknya adalah pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif terhadap tingkat pemahaman siswa dalam proses pembelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanah Putih. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanah Putih yang berjumah 165 siswa (5 Kelas). Siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini berjumlah 66 siswa (2 kelas) yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan bahwa kelas XI IPS I (kontrol) dan kelas XI IPS 2 (Eksperimen) adalah kelas yang paling homogen. Teknik pegumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis uji-t yang digunakan nilai t-test. Berdasarkan hasil penelitian dimana nilai t-test sebesar 2,305 lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1,997 dan nilai signifikasi sebesar 0,024 lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat pemahaman siswa kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran koopertif dengan pemahaman siswa kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional dalam proses pembelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tanah Putih. Kata Kunci : Pengaruh, Model Pembelajaran Kooperatif, Tingkat Pemahaman Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 15 Jan 2020 04:23 |
Last Modified: | 15 Jan 2020 04:23 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24946 |
Actions (login required)
View Item |