NATAYA AGUSTINOVA, - (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTED MATHEMATICS PROJECT (CMP) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf Download (9MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (640kB) |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan untuk menghadapi situasi dimana seseorang tidak segera dengan mudahnya dapat menemukan suatu solusi dari masalah, sehingga dalam memecahkan masalah memerlukan perbekalan yang dapat memfasilitasi siswa agar dapat memecahkan masalah tersebut, yaitu pengetahuan, keterampilan dan pemahaman siswa yang sebelumnya sudah mereka miliki dan selanjutnya akan diaplikasikan dalam situasi baru yang belum dikenalnya. Oleh karena itu, diperlukan suatu penelitian dengan menerapkan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis Madrasah Tsanawiyah (MTs). Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII putri reguler MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah menggunakan uji Mann Whitney U Test diperoleh Z_hitung=-7,76 dan Z_tabel=1,96 pada taraf signifikan 5%. Dengan kesimpulan Z_hitung<-Z_tabel terpenuhi. Dengan demikian terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dilanjutkan dengan data N-Gain pada kelas eksperimen yaitu 0,56 dan data N-Gain pada kelas kontrol yaitu 0,50. Dengan demikian peningkatan dan pencapaian kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen sebesar 0,56 dan kelas kontrol sebesar 0,50. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kata Kunci: Connected Mathematics Project (CMP), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 15 Jan 2020 02:52 |
Last Modified: | 15 Jan 2020 02:53 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24904 |
Actions (login required)
View Item |