Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF CONFIDENCE SISWA MADRASAH ALIYAH

SHERLI PITRAH DEWI, - (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF CONFIDENCE SISWA MADRASAH ALIYAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
FILE SKRIPSI FULL TANPA BAB IV.pdf

Download (12MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)

Abstract

ABSTRAK Sherli Pitrah Dewi, (2019): Pengaruh Penerapan Model Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self-Confidence Siswa MA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran reciprocal teaching dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung, apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki self-confidence tinggi, sedang dan rendah, dan juga bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dengan self-confidence siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian faktorial eksperimen dengan desain the nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester genap MA PP. Islamic Centre Al-Hidayah Kampar tahun ajaran 2018/2019. Sampel diambil secara cluster random sampling adalah kelas X.1 dan X.2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal pretest dan posttest kemampuan komunikasi matematis, angket kepercayaan diri (self-confidence) dan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data menggunakan anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1)Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran model reciprocal teaching dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung; 2)Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki self-confidence tinggi, sedang dan rendah; 3)Tidak terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dengan kepercayaan diri (self-confidence) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: Model Reciprocal Teaching, Kemampuan Komunikasi Matematis, Kepercayaan Diri (Self-Confidence).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 15 Jan 2020 01:27
Last Modified: 15 Jan 2020 01:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24838

Actions (login required)

View Item View Item