Putrianis (2017) Pengembangan Kreativitas Peserta Didik dalam Pembelajaran Agama Islam Di Pondok Pesantren Kecamatan Bangkinang. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
1. 201790PAI-S2COVER.pdf Download (260kB) |
|
Text
2. 201790PAI-S2PENGESAHAN.pdf Download (281kB) |
|
Text
3. 201790PAI-S2ABSTRAK 3 BAHASA.pdf Download (319kB) |
|
Text
4. 201790PAI-S2KATA PENGANTAR.pdf Download (276kB) |
|
Text
5. 201790PAI-S2DAFTAR ISI.pdf Download (256kB) |
|
Text
6. 201790PAI-S2BAB I.pdf Download (373kB) |
|
Text
7. 201790PAI-S2BAB II.pdf Download (554kB) |
|
Text
8. 201790PAI-S2BAB III.pdf Download (288kB) |
|
Text
9. 201790PAI-S2BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) |
|
Text
10. 201790PAI-S2BAB V.pdf Download (266kB) |
|
Text
11. 201790PAI-S2DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (256kB) |
Abstract
Berdasarkan pengamatan penulis di Pondok Pesantren Kecamatan Bangkinang dalam pengembangan kreativitas peserta didik dalam Pembelajaran Agama Islam di dalam orientasi sebuah evaluasi belajar, peserta didik ditekankan kepada pemahaman kognitif. Peserta didik dipacu untuk menghafal dan memahami materi sebanyak mungkin, seolah peserta didik adalah sebuah mesin penghafal yang hanya bertugas menghafal setiap yang disampaikan kepadanya. Keadaan ini mengakibatkan keinginan peserta didik untuk memikirkan dan mengembangkan sesuatu terkait dengan perkembangan kreativitasnya kurang terlaksana dengan baik. Fenomena lain adalah kebanyakan orientasi pendidikan lebih memihak dan terfokus kepada hasil perolehan nilai oleh peserta didik, bukan pengetahuan dan kreativitas peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pengembangan kreativitas peserta didik dalam Pembelajaran Agama Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai bahan evaluasi, perbaikan dan pengembangan kreativitas dalam pembelajaran agama Islam. Untuk menjawab masalah tersebut menggunakan penelitian lapangan (Field Research ) dengan pendekatan kulitatif. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari data itulah ditarik kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahawa persentase hasil observasi sebesar 70 % (baik), hasil wawacara menyatakan bahwa para guru di pondok pesantren kecamatan bangkinang melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan kreativitas peserta didik. Strategi guru dalam melaksanakan pembelajaran sudah menggunakan berbagai strategi dalam belajar yang dapat mengembangkan kreativitas peserta didik. Menjelaskan materi dilakukan dengan strategi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan peserta didik, strategi yang paling sering digunakan oleh guru adalah inkuiri, kooperatif, afektif dan lain-lain. Penggunaan media yang sering digunakan adalah media audio, dan visual. Pembuatan audio tidak hanya dibuat oleh guru, tetapi peserta didik dituntut untuk mampu membuatnya. Komunikasi yang sering digunakan adalah multi arah. Faktor-faktor pendukung Pengembangan Kreativitas Peserta Didik dalam Pembelajaran Agama Islam di Pondok Pesantren Kecamatan Bangkinang adalah: Adanya berbagai pelatihan terkait dengan kurikulum, Pihak sekolah yang membuka peluang bagi guru pembelajaran agama Islam agar mengikuti berbagai pelatihan, baik yang di adakan pihak dinas ataupun sekolah itu sendiri, Sarana dan prasarana yang memadai, misalnya perpustakaan, jaringan internet, Kemampuan guru dan peserta didik menggunakan ITC. Adapun faktor-faktor penghambatnya : Ketersedian waktu yang tidak memadai, Jumlah siswa yang banyak, sehingga menyulitkan guru untuk mengetahui minat peserta didik, Rendahnya minat peserta didik untuk mengetahui materi yang akan dipelajari, Guru kurang menguasai ITC.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 14 Jan 2020 04:38 |
Last Modified: | 14 Jan 2020 04:38 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24836 |
Actions (login required)
View Item |