Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA SMP NEGERI 12 PEKANBARU

YELCY J. SULAINI, - (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA SMP NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIMRIAU.

[img] Text
SKRIPSI YELCY J. SULAINI.pdf

Download (24MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Yelcy J. Sulaini, (2019): Pengaruh Model Pembelajaran Brainstorming terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa berdasarkan Self Efficacy Siswa SMP Negeri 12 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran brainstorming terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, kemudian ada atau tidaknya pengaruh self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, serta ada atau tidaknya interaksi antara model pembelajaran dan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain yang digunakan adalah factorial experiment. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Pekanbaru, dengan sampel kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan Kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster sampling. Pengumpulan data berupa angket self efficacy dan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket dan teknik tes. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) terdapat pengaruh model pembelajaran brainstorming terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; 2) terdapat pengaruh self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; dan 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Brainstorming, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Efficacy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Jan 2020 07:16
Last Modified: 13 Jan 2020 07:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24772

Actions (login required)

View Item View Item