Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUMON UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 008 PULAU PAYUNG KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR

NURHANEDA MAYU, - (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUMON UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 008 PULAU PAYUNG KECAMATAN RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU PEKANBARU.

[img] Text
12. bab iv.pdf

Download (810kB)
[img] Text (BAB IV)
full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (52MB)

Abstract

ABSTRAK Nurhaneda Mayu, (2019): Penerapan Model Pembelajaran Kumon untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa pada pelajaran matematika melalui model pembelajaran kumon di kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kumon dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Pulau Payung Kecamatan Kampar Rumbio Jaya. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 15 orang siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan pemahaman konsep siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Pulau Payung Kecamatan Kampar Rumbio Jaya dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II. Sebelum tindakan pemahaman konsep siswa yang mendapat kategori cukup sebanyak 6 siswa atau 40%, kategori kurang sebanyak 9 siswa atau 60%. Sedangkan pada siklus I meningkat menjadi baik sebanyak 10 siswa atau 66.6%, kategori cukup sebanyak 4 siswa atau 26.6% sedangkan kategori kurang sebanyak 1 siswa atau 6.66%. Setelah dilakukan tindakan perbaikan siklus II ternyata pemahaman konsep siswa mencapai kategori baik sebanyak 2 orang siswa atau 13,3%, sedangkan kategori baik sekali 13 siswa atau 86.6%. Artinya pemahaman konsep belajar siswa telah 75% mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan, yaitu 70. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kumon dapat Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 008 Pulau Payung Kecamatan Kampar Rumbio Jaya. Kata Kunci: Model Kumon, Pemahaman Konsep, Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 10 Jan 2020 07:34
Last Modified: 10 Jan 2020 07:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24683

Actions (login required)

View Item View Item