Yosi Oktavia (2016) PENERAPAN METODE PERMAINAN MISKIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 012 LALANG KABUNG KECAMATAN PELALAWAN KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (281kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (260kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui Penerapan Metode Permainan Miskin di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Lalang Kabung Kecamatan Pelalawan Kabupaten Pelalawan. Dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial terdapat beberapa fenomena yang berkaitan dengan hasil belajar siswa, diantaranya masih banyak siswa yang belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 75. Hal ini terbukti bahwa terdapat 20 orang siswa dari 36 orang siswa yang belum mencapai ketuntasan yang telah ditetapkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPS dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Lalang Kabung Kecamatan Pelalawan Kabupaten Pelalawan. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode permainan miskin untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Agar peneliti lebih terarah sesuai dengan perencanaan, maka penelitian ini terdiri atas beberapa tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Sedangkan tekhnik analisis data yang digunakan yaitu analisis data guru dan siswa dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan metode permainan miskin menunjukkan hasil belajar siswa sebelum tindakan mencapai rata-rata 69,72 dengan ketuntasan klasikal 44,44% atau tergolong “cukup”. Artinya hasil belajar siswa sebelum tindakan berada di bawah indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75%. kemudian setelah menerapkan metode permainan miskin pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 74,72 dengan ketuntasan klasikal 63,89% atau tergolong “sempurna”. Akan tetapi belum mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75%. pada siklus II hasil belajar siswa semakin meningkat dengan rata-rata 83,88 dengan ketuntasan klasikal 91,66% atau tergolong “sangat sempurna”. Artinya, sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode permainan miskin dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 012 Lalang Kabung Kecamatan Pelalawan Kabupaten Pelalawan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 27 Apr 2016 05:35 |
Last Modified: | 27 Apr 2016 05:35 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2466 |
Actions (login required)
View Item |