Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Fitria Rizka Mulyani, - (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian.pdf

Download (39MB)
[img] Text (BAB IV)
File hasil penelitian.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Fitria Rizka Mulyani, (2019): Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis berdasarkan Self Efficacy Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan koneksi matematis berdasarkan Self Efficacy matematis siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t dan uji ANOVA dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran CTL dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung. (2)Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang memiliki self efficacy matematis tinggi, sedang dan rendah. (3)Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan self efficacy matematis siswa terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Dengan demikian secara umum model pembelajaran CTL berpengaruh terhadap kemampuan koneksi matematis ditinjau berdasarkan self efficacy matematis siswa SMP. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Kata Kunci: Model Contextual Teaching and Learning, Kemampuan Koneksi Matematis, Self Efficacy Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 10 Jan 2020 07:45
Last Modified: 10 Jan 2020 07:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24634

Actions (login required)

View Item View Item