Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP LARANGAN MENIKAH ANAK DARI MARANGKA MARANGGI (SAUDARA LAKI-LAKI KANDUNG) AYAHNYA ADAT BATAK MANDAILING NATAL STUDI KASUS DESA HUTARAJA KECAMATAN SIABU KABUPATEN MANDAILING NATAL

AHMAD TARMIZI TAHER, 11521103897 (2020) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP LARANGAN MENIKAH ANAK DARI MARANGKA MARANGGI (SAUDARA LAKI-LAKI KANDUNG) AYAHNYA ADAT BATAK MANDAILING NATAL STUDI KASUS DESA HUTARAJA KECAMATAN SIABU KABUPATEN MANDAILING NATAL. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Ahmad Tarmizi Taher(2019):Tinjauan Hukum Islam Terhadap Larangan Menikah Anak Dari Marangka Maranggi (Saudara Laki-Laki Kandung) Ayahnya Adat Batak Mandailing Natal Studi Kasus Desa HutarajaKecamatanSiabu Kabupaten Mandailing Natal Perkawinan merupakan yang berlaku pada semua makhluk-Nya, baik pada manusia, hewan maupun tumbuh-tumbuhan. Ia adalah suatu cara yang dipilih oleh Allah SWT sebagai jalan bagi makhluk-Nya untuk berkembang biak dan melestarikan hidupnya, larangan pernikahan dalam bahasan ini adalah orang-orang yang tidak boleh melakukan pernikahan, yakni perempuan-perempuan mana saja yang tidak boleh dinikahi oleh seorang laki-laki atau sebaliknya, laki-laki mana saja yang tidak boleh menikahi seorang perempuan. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research), Lokasi penelitian ini berlokasi di Desa Hutaraja Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Populasi dalam penelitian ini keseluruhuan kasus-kasus mengenai larangan menikah anak dari Marangka Maranggi (saudara laki-laki kandung) ayahnya di Desa Hutaraja Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal sebanyak dua pasang suami isteri berjumlah 4 orang, tokoh adat 1 orang dan masyarakat dan Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling maka itulah dijadikan sampel. Sumber data diperoleh melalui dua bagian yaitu: Data primer yang diperoleh secara langsung yaitu tokoh adat, pelaku pelanggar Larangan menikah Marangka Maranggi (saudara laki-laki kandung) ayahnya, dan para pihak yang dapat memberikan keterangan terhadap permasalahan yang diteliti, data skunder yaitu data yang diperoleh melalui studi kepustakaan yang merupakan bahan seperti buku yang berhubungan dengan pokok larangan menikah. Setelah dilakukan penelitian, penulis menyimpulkan bahwa Larangan menikah anak dari marangka maranggi (saudara laki-laki kandung) ayahnya merupakan larangan pernikahan oleh adat disebabkan karena itu dikategorikan masih saudaranya sendiri dan tidak baik untuk menikah, Sanksi adat larangan menikah anak dari marangka maranggi (saudara laki-laki kandung) ayahnya adalah sebagai berikut: dipotong seekor kerbau diusir dari Desa Hutaraja, dikeluarkan dari marganya, Ditinjau menurut hukum Islam, larangan menikah anak dari marangka maranggi (saudara laki-laki kandung) ayahnya ini bertentangan dengan hukum Islam, karena adat mengharamkan apa-apa yang telah Allah halalkan sebagaimana yang dijelaskan Al-Quran surat Al-Maidah ayat 87. Dengan demikian apabila ada masyarakat Desa Hutaraja yang melanggar larangan menikah anak dari marangka maranggi ayahnya maka hukumnya (Mubah) atau boleh. Adapun sanksi yang diberlakukan bagi yang melanggar menikah anak dari marangka maranggi (saudara laki-laki kandung) ayahnya ini tidak dapat diterima, karena bertentangan dengan hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 10 Jan 2020 02:12
Last Modified: 10 Jan 2020 02:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24581

Actions (login required)

View Item View Item