Siti Nur Asiyah (2016) EFEKTIFITAS PELAKSANAAN TATA TERTIB DALAM MEMBENTUK DISIPLIN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TRI BHAKTI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (423kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (274kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (262kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Pelaksanaan Tata Tertib dalam Membentuk Disiplin Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Tri Bhakti Pekanbaru. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah efektifitas pelaksanaan tata tertib dalam membentuk disiplin belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Tri Bhakti Pekanbaru?” dan “Apa faktor-faktor yang memengaruhi efektifitas pelaksanaan tata tertib dalam membentukdisiplin belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Tri Bhakti Pekanbaru?” Penelitian ini dimulai dari pelaksanaan observasi, penyebaran angket, dan pengumpulan dokumentasi. Populasi penelitian adalah seluruhsiswakelas VII dan VIII SekolahMenengahPertama yang seluruhnyaberjumlah 394 orang siswa, terdiridarikelas VII 179 orang dankelas VIII 215 orang, dengan penarikansampelsebesar 20%, jumlahnya 63 orang. Penarikansampeldilakukandenganteknikstratified proportional random sampling. SubjekpenelitianiniadalahsiswaSekolahMenengahPertama Tri Bhakti kelas VII dan VIII.Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu angket. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan tata tertib dalam membentuk disiplin belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Tri Bhakti Pekanbaru tergolong efektif. Secara kuantitatif persentasediperoleh skor 70,30%. Dan faktor-faktor yang memengaruhi efektifitas pelaksanaan tata tertib dalam membentukdisiplinbelajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di sekolah menengah pertama Tri Bhakti Pekanbaru antara lain, faktor intern yaitu persepsi siswa yang cenderung positif terhadap tata tertib yang ada, dan faktor ekstern yaitu baiknya tingkat pengawasan, dan lingkungan yang mendukung.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 10 Feb 2016 08:14 |
Last Modified: | 10 Feb 2016 08:14 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2448 |
Actions (login required)
View Item |