Auliya Nasir, - (2020) Pelaksanaan Konseling Individual dengan Pendekatan Client Centered terhadap Peningkatan Efikasi Diri Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
GABUNGAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
ABSTRAK Auliya Nasir, (2019): Pelaksanaan Konseling Individual dengan Pendekatan Client Centered terhadap Peningkatan Efikasi Diri Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Efikasi diri siswa (2) Pelaksanaan konseling individual dengan pendekatan client centered terhadap peningkatan efikasi diri siswa, dan (3) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan konseling individual. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian guru bimbingan konseling, dan informan pendukung yaitu 5 orang siswa kelas X di Sekolah Menengah Atas 12 Pekanbaru yang memiliki masalah keyakinan pada potensi yang dimilikinya dan mengikuti pelaksanaan konseling individual. Objek penelitian adalah pelaksanaan konseling individual dengan pendekatan client centered terhadap peningkatan efikasi diri siswa di Sekolah Menengah Atas 12 Pekanbaru. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) Efikasi diri siswa yang terjadi di sekolah banyak terdapat gejala-gejalanya dan setelah dilaksanakan konseling individual, banyak siswa yang mengalami perubahan dan termotivasi untuk menjadi lebih baik. 2) Pelaksanaan konseling individual terhadap peningkatan efikasi diri pada siswa menggunakan pendekatan client centered yang dilakukan dengan memberikan layanan konseling individual, memberikan motivasi kepada siswa yang memiliki efikasi diri rendah, melakukan kerja sama dengan wali kelas, guru mata pelajaran, kepala sekolah, dan orang tua serta melakukan evaluasi untuk memastikan keberhasilan konseling. 3) Faktor pendukung dalam pelaksanaan konseling individual terhadap peningkatan efikasi diri pada siswa adalah latar belakang pendidikan guru bimbingan konseling sesuai dengan bidangnya, adanya fasilitas dan ruangan yang diberikan dalam pelaksanaan konseling dan kerja sama dengan pihak terkait yaitu wali kelas, guru mata pelajaran, kepala sekolah dan orang tua, sedangkan faktor penghambat pelaksanaan adalah latar belakang pendidikan pada guru bimbingan konseling ada yang tidak sesuai dengan bidangnya. Kata Kunci: Konseling Individual, Efikasi diri
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 07 Jan 2020 03:10 |
Last Modified: | 07 Jan 2020 03:10 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24440 |
Actions (login required)
View Item |