Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Metode Outdoor Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru

Nupi Susanti, - (2020) Pengaruh Penerapan Metode Outdoor Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (770kB)
[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB OV.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Nupi Susanti, (2019): Pengaruh Penerapan Metode Outdoor Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode outdoor learning dengan hasil belajar siswa kelas X IPS pada Mata Pelajaran Ekonomi pada materi Koperasi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ada siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu sebanyak 65%, rata-rata hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi secara klasikal masih tergolong rendah dengan rata-rata sebesar 60.56 dan kesulitan dalam mengerjakan soal ulangan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa, objeknya pengaruh penerapan metode Outdoor learning terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X IPS dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 55 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah test t. Berdasarkan hasil analisis uji-t dari skor hasil belajar siswa (posttest) pada Mata Pelajaran Ekonomi pada materi koperasi antara kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 3,886> 1,675, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari metode outdoor learning terhadap hasil belajar siswa (postest) pada Mata Pelajaran Ekonomi pada materi koperasi di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Kata Kunci: Metode Outdoor Learning, Hasil Belajar, dan Ekonomi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Jan 2020 01:57
Last Modified: 07 Jan 2020 01:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24428

Actions (login required)

View Item View Item