Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERSOSIALISASI SISWA DI SMAN 5 PEKANBARU

ABDAR LUBIS, 11514103588 (2020) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERSOSIALISASI SISWA DI SMAN 5 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Abdar Lubis (2019) : Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama untuk Mengembangkan Kemampuan Bersosialisasi Siswa di SMAN 5 Pekanbaru Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk mengembangkan kemampuan bersosialisasi siswa di SMAN 5 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif jenis kuasi, dan menggunakan Pre-experimental designs. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 5 Pekanbaru yang teridentifikasi memiliki kemampuan bersosialisasi rendah sebanyak 29 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sampel berjumlah 10 orang siswa. Teknik pengumpulan data dengan angket, observasi dan dokumentaasi. Uji validitas dan uji reliabilitas menggunakan program SPSS 17.0 for windows. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif data dan pengolahan data dengan uji Wilcoxon Signed Rank. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengggunaan teknik sosiodrama dalam layanan bimbingan kelompok efektif untuk mengembangkan kemampuan bersosialisasi siswa , hal ini dapat dilihat dari angka probabilitas Asymp. Sig. (2-tailed) 0.005 < 0.05. Adapun kemampuan bersosialisasi siswa sebelum diberikan perlakuan (treatment) layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodarama berada pada kategori rendah dengan nilai rata-rata 65.50. Sedangkan, setelah diberikan perlakuan (treatment) layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodarama mengalami perkembangan yang signifikan pada kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata 98.70. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik sosiodrama dalam layanan bimbingan kelompok dapat mengembangkan kemampuan bersosialisasi siswa di SMAN 5 Pekanbaru. Kata kunci: Bimbingan kelompok, Teknik Sosiodrama, Kemampuan Bersosialisasi Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 03 Jan 2020 08:35
Last Modified: 03 Jan 2020 08:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24305

Actions (login required)

View Item View Item