Armawita, 11517200251 (2020) Analisis Model Mental Siswa Menggunakan Instrumen Tes Diagnostik Model Mental Two-Tier (TDM-TWOTIER) pada Materi Laju Reaksi. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
GABUNG.pdf Download (26MB) |
Abstract
ABSTRAK Armawita, (2019): Analisis Model Mental Siswa Menggunakan Instrumen Tes Diagnostik Model Mental Two-Tier (TDM-TWOTIER) pada Materi Laju Reaksi Penelitian ini dilatar belakangi oleh model mental siswa yang tidak utuh pada materi laju reaksi. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana model mental siswa SMAN 2 Pekanbaru menggunakan instrumen tes diagnostik model mental Two-Tier (TDM-Two-Tier) pada materi laju reaksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes diagnostik model mental Two-Tier (TDM-Two-Tier), wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 36 orang siswa. Di mana kelas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 2 SMAN 2 Pekanbaru. Hasil penelitian ini menunjukkan kesimpulan bahwa secara keseluruhan model mental siswa pada materi laju reaksi belum utuh. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata model mental siswa yang diperoleh berdasarkan tes diagnostik TDM-Two-Tier yaitu Scientifically Correct (SC) model mental utuh atau ilmiah sebesar 47%, Partially Correct (PC) atau model mental belum utuh atau alternatif sebesar 48% siswa hanya mampu memahami pada level makroskopis sebesar 12% dan simbolik sebesar 17% dan level submikroskopis sebesar 19%, serta Specific Misconseption (SM) atau miskonsepsi khusus sebesar 5%. Kata Kunci: Model Mental, TDM-Two-Tier, Laju Reaksi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 06 Jan 2020 03:40 |
Last Modified: | 06 Jan 2020 03:42 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24302 |
Actions (login required)
View Item |