Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS SENTIMEN KONSUMEN TERHADAP BUKALAPAK MENGGUNAKAN METODE NA¨IVE BAYES CLASSIFIER BERDASARKAN ULASAN GOOGLE PLAYSTORE

FIRDAUS, - (2019) ANALISIS SENTIMEN KONSUMEN TERHADAP BUKALAPAK MENGGUNAKAN METODE NA¨IVE BAYES CLASSIFIER BERDASARKAN ULASAN GOOGLE PLAYSTORE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (GABUNGAN)
FULL TEXT.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (PEMBAHASAN BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Banyak ulasan pengguna di Google Playstore mengenai aplikasi Bukalapak. Citra merek yang baik akan membentuk opini yang baik pula dari konsumen tentang suatu produk/jasa, yang akan mendorong terjadinya proses pembelian oleh konsumen, dan begitu sebaliknya. Berbagai macam sentimen di situs Google Playstore tentu saja akan mempengaruhi citra dari Bukalapak. Sentimen negatif maupun positif dan netral dari pengguna bisa jadi dipengaruhi oleh beberapa hal yang belum menjadi perhatian dari Bukalapak. Hal ini mungkin terjadi karena adanya beberapa faktor yang harus diperbaiki dan belum diketahui oleh Bukalapak. Dengan menggunakan text mining dapat dilihat pembicaraan apa saja yang sering dibahas oleh pengguna melalui komentar. Berdasarkan alasan tersebut, maka peneliti memilih menggunakan metode Naive Bayes untuk mengklasifikasikan ulasan komentar bahasa Indonesia tentang aplikasi Bukalapak di Google Playstore. Kata Kunci: Data Miner, Naive bayes classifier, Sentimen, Klasifikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 27 Dec 2019 02:31
Last Modified: 27 Dec 2019 02:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24027

Actions (login required)

View Item View Item