Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE, UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR ANEKA INDUSTRI YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA (2014-2018)

SUGANDI SURYANI PUTRI, - (2019) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE, UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR ANEKA INDUSTRI YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA (2014-2018). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text
GABUNG.pdf

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE, UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR ANEKA INDUSTRI YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA (2014-2018) OLEH : SUGANDI SURYANI PUTRI NIM: 11573203244 Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh corporate governance, struktur kepemilikan, ukuran perusahaan, dan leverage terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur sektor aneka industri yang terdaftar di BEI tahun 2014-2018. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 7 perusahaan dengan metode penarikan sampel menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh melalui mengakses www.idx.co.id. Analisis data menggunakan regresi data panel yang terdiri analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik. pemilihan model regresi data panel, dan uji hipotesis. Hasil analisis data atau regresi data panel menunjukkan bahwa secara simultan corporate governance, struktur kepemilikan, ukuran perusahaan, dan leverage berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Variabel independen dapat menjelaskan pengaruh manajemen laba sebesar 35,19%, sedangkan sisanya sebesar 64,81% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi ini. Secara parsial variabel kepemilikan institusional dan leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen laba. Sedangkan variabel komite audit, komisaris independen, kepemilikan manajerial dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Kata Kunci : Corporate Governance, Komite Audit, Komisaris Independen, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Manajemen Laba

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 30 Dec 2019 03:36
Last Modified: 30 Dec 2019 03:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23953

Actions (login required)

View Item View Item