Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DESAIN PENGENDALI MODEL REFERENCE ADAPTIVE CONTROL (MRAC) - PID UNTUK MENGENDALIKAN SISTEM SUSPENSI SEPEREMPAT KENDARAAN

Gallardo Lengena Sikka Standy Vius, - (2019) DESAIN PENGENDALI MODEL REFERENCE ADAPTIVE CONTROL (MRAC) - PID UNTUK MENGENDALIKAN SISTEM SUSPENSI SEPEREMPAT KENDARAAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
TUGAS AKHIR GALLARDO LENGENA SIKKA STANDY VIUS.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
TUGAS AKHIR GALLARDO LENGENA SIKKA STANDY VIUS BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (729kB)

Abstract

Sistem suspensi merupakan suatu sistem yang dapat memberikan kenyamanan pada mobil saat berkendara. Tetapi dalam implementasi sistem suspensi seperempat kendaraan terdapat kendala yaitu masih memberikan guncangan atau getaran yang besar. Dalam simulasi respons sistem yang dihasilkan pada sistem suspensi seperempat kendaraan masih terdapat overshoot dan osilasi. Sehingga untuk mengendalikan sistem suspensi seperempat kendaraan di gunakan pengendali MRAC. Pemilihan MRAC dikarenakan MRAC merupakan kendali adaptif yang mampu menghasilkan respons yang dapat mengikuti model referensinya. Model referensi merupakan model acuan yang karakteristiknya akan diikuti oleh respons plant. Respons yang diinginkan digambarkan dalam model referensi. Dengan menggunakan pengendali MRAC mampu meredam overshoot dan menghasilkan settling time = 3.95 detik, rise time = 2.76 detik dan error steady state = 0, tetapi masih terdapat osilasi pada responsnya. Sehingga dibutuhkan pengendali PID untuk meredam osilasi, dikarenakan pengendali PID memiliki tiga parameter yang disusun paralel dan memiliki peran masing-masing. Hasil simulasi dan analisa menggunakan pengendali MRAC dengan kombinasi PID respons mampu mengikuti model referensi dengan nilai settling time = 1.38 detik, rise time = 0.99 detik dan error steady state = 0.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 005 Program Komputer, program-program, data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 26 Dec 2019 06:35
Last Modified: 26 Dec 2019 06:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23919

Actions (login required)

View Item View Item