Siti Nuraini (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL RECIPROCAL TEACHING DI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 20 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.
|
Text
2012_2012520.pdf Download (657kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model reciprocal teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 20 Pekanbaru. Kemudian untuk mengetahui berapa besar pengaruh peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang belajar menggunakan melalui model reciprocal teaching, dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada pengaruh model reciprocal teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 20 Pekanbaru?”Jika terjadi pengaruh berapa besarkah pengaruhnya terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa melalui model reciprocal teaching di kelas VII SMP Negeri 20 Pekanbaru? Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 20 Pekanbaru kelas VII semester ganjil tahun 2010/2011. Sebagai sampel penelitian, peneliti memeilih 2 kelas dari siswa SMP Negeri 20 Pekanbaru yang terdiri dari 77 siswa dan dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan teknik random sampling. Pengambilan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan tes, Tes digunakan untuk memperoleh data tentang kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Sedangkan teknik analisa data yang di gunakan pada penelitian ini adalah uji hipotesis dengan rumus t tes, Setelah penulis melaksanakan penelitian dilapangan untuk menjawab permasalahan tersebut, ternyata terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa melalui model reciprocal teaching di kelas VII SMP Negeri 20 Pekanbaru.. Dari hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa melalui model reaciprocal teaching lebih tinggi dari pada peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pembelajaran konvensional. Ini terlihat pada pada nilai rata-rata dari kelas eksperimen adalah 49.87 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 41.45 Nilai = 3.03 > = 1,67. Sehingga > maka hipotesis “Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui Model Reciprocal Teaching lebih tinggi dari pada peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa melalui pembelajaran konvensional”. Dan dapat diterima dengan derajat peningkatannya adalah sebesar 11.16 %”
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 03 Feb 2016 08:41 |
Last Modified: | 03 Feb 2016 08:41 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2390 |
Actions (login required)
View Item |