Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMAHAMAN AKUNTANSI, KEPEMILIKAN NPWP, DAN PEMERIKSAAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK BADAN DI KANTOR PELAYANAN PAJAK (KPP) MADYA PEKANBARU

Pudja Rachman Dira, 11573105501 (2019) PENGARUH PEMAHAMAN AKUNTANSI, KEPEMILIKAN NPWP, DAN PEMERIKSAAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK BADAN DI KANTOR PELAYANAN PAJAK (KPP) MADYA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNG.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV PEMBAHASAN .pdf

Download (490kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada kantor pelayanan pajak Madya Pekanbaru yang berlangsung pada bulan Januari 2019 sampai selesai. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui secara empiris apakah pemahaman akuntansi, kepemilikan NPWP, dan pemeriksaan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak badan dalam membayar pajak terutangnya. Faktor faktor yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak badanmenggunakan instrument kuisioner. Alat analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Untuk mengetahui besarnya hubungan variable independen terhadap variable dependen digunakan analisis Regresi Analisis Linier Berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS dengan hasil penelitian bahwa pemahaman akuntansi diperoleh t hitung sebesar 2,084, kepemilikan NPWP diperoleh t hitung 2,644 dan pemeriksaan pajak diperoleh t hitung sebesar 3.666 Dapat disimpulkan bahwa semua variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak badan. Sedangkan secara simultan ketiga variabel pemahaman akuntansi, kepemilikan NPWP dan pemeriksaan pajak secara bersama-sama berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kepatuhan wajib pajak badan, dapat dilihat dari hasil SPSS f hitung sebesar 18,590 > f tabel 2,711. Dan dari hasil pengolahan data diperoleh r sebesar 393 artinya 39,3%, sedangkan sisanya sebesar 60,7% dipengaruhi oleh variabel lainya yang tidak ada dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi > 336.2 Pajak dan Perpajakan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 20 Dec 2019 04:16
Last Modified: 20 Dec 2019 04:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23746

Actions (login required)

View Item View Item