Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN ALGORITMA FUZZY C-MEANS DAN K-MEDOIDS UNTUK PENGELOMPOKAN PENJUALAN DAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK

Ahmad Jaini, - (2019) PENERAPAN ALGORITMA FUZZY C-MEANS DAN K-MEDOIDS UNTUK PENGELOMPOKAN PENJUALAN DAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
AHMAD JAINI.pdf

Download (12MB)
[img] Text (BAB IV)
16. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

212 Mart adalah salah satu brand minimarket di Indonesia. 212 Mart dikelola secara professional dan terpusat baik dari sisi jaringan, distribusi, produk, harga, maupun promo. Saat ini di Pekanbaru terdapat 7 cabang 212 mart. Salah satunya 212 mart di Jl. HR. Soebrantas. Setiap harinya 212 mart ini melakukan proses transaksi. Transaksi penjualan tersebut hanya disimpan sebagai arsip di database dan tidak dilakukan analisis lebih lanjut. Salah satu yang menjadi keharusan adalah melakukan promosi secara baik dan berkelanjutan. 212 Mart HR. Soebrantas dalam melakukan promosi didasarkan pada produk yang sedang mengalami trend di masyarakat. Selain itu, produk yang sudah mendekati tanggal kadaluarsa baru akan dilakukan promosi. Hal tersebut berpengaruh dalam efektifitas pemasaran, salah satu yang menjadi indikator bagi konsumen adalah kualitas produk. Sehingga Perlunya dilakukan analisis dan mengolahnya menjadi informasi. Pada penelitian ini dilakukan proses Clustering terhadap data penjualan produk dengan menerapkan Algoritma Fuzzy C-Means dan K-Medoids. Hasil dari penelitian ini menunjukan Algoritma Fuzzy C-Means lebih baik dibandingkan Algoritma K-medoids dengan nilai Silhoutte Score 0,2159 pada cluster 8 sedangkan K-medoids dengan nilai Silhoutte Score yaitu 0,2018. Produk yang telah dikelompokan kemudian dianalisa pola pengelompokannya. Setelah analisa pola pengelompokan maka gambaran dapat diambil sebagai rekomendasi kepada pimpinan. Kata Kunci: 212 Mart, Algoritma FCM, Algoritma K-Medoids, Clustering, Penjualan Produk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 003 Sistem-sistem
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 20 Dec 2019 07:21
Last Modified: 20 Dec 2019 07:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23723

Actions (login required)

View Item View Item