Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang

Oksi Yunita Saputri, - (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (960kB)
[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Oksi Yunita Saputri, (2019): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran project based learning terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek penelitian nya adalah model pembelajaran project based learning terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IIS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IIS 3 sebagai kelas kontrol dengan alasan kedua kelas memiliki nilai rata-rata yang mendekati sama atau homogen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Test “T”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan mean antara kedua kelas yaitu kelas eksperimen sebesar 54,8374 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 45,1626. Dari hasil uji t diperoleh nilai thitung>ttabel taraf signifikan 5% (1,997) dan 1% (2,384) atau 1,997 < 4,534 > 2,384 yang berarti Hᵅ di terima dan H° di tolak yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran project based learning terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang. Kata Kunci: Project Based Learning, Kreativitas Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Dec 2019 02:19
Last Modified: 19 Dec 2019 02:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23579

Actions (login required)

View Item View Item