Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Peranan Humas Dalam Meningkatkan Pelayanan Frontliner di PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk. Cabang Bangkinang

Nopiyarni, - (2019) Peranan Humas Dalam Meningkatkan Pelayanan Frontliner di PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk. Cabang Bangkinang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB BARU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Nopiyarni Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Peranan Humas Dalam Meningkatkan Pelayanan Frontliner di PT. Bank Rakyat Indonesia (PERSERO) Tbk. Cabang Bangkinang Humas adalah fungsi manajemen yang khas dan mendukung, pembinaan, pemeliharaan jalur antara organisasi dengan publiknya menyangkut aktivitas komunikasi. Di dalam suatu organisasi atau perusahaan humas adalah adanya interaksi yang harmonis antara para karyawan suatu perusahaan, baik dalam hubungannya secara timbal balik maupun horizontal. Frontliner berfungsi melayani nasabah secara langsung dan objek yang paling sering mendapat masalah seperti komplain nasabah terhadap pelayanan Bank. Penelitian ini membahas tentang peranan humas dalam meningkatkan kualitas pelayanan frontliner untuk melayani nasabah di BRI Cabang Bangkinang. Teori penelitian yang digunakan mengacu pada peranan humas dalam suatu organisasi yang dikemukakan oleh Dozier dan Broom yang dikategorikan menjadi empat yaitu : Penasehat ahli, Fasilitator Komunikasi, Fasilitator Proses Pemecahan Masalah, Teknisi Komunikasi. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data didapatkan dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data menggunakan Triangulasi sumber. Hasil penelitian yang didapat dalam penelitian ini yaitu : peranan humas pada pelayanan frontliner melibatkan peran supervisor sebagai jembatan komunikasi antara humas dengan frontliner dalam mencari solusi setiap permasalahan. Humas menjadwalkan kegiatan role play dua kali seminggu, menjadwalkan pendidikan karyawan untuk meminimalisir permasalahan di frontliner. Menyediakan layanan teknis komunikasi yaitu teknologi aplikasi BRISTARS. Peranan humas BRI Cabang Bangkinang sudah terlaksana dengan baik, namun pelaksanaan tersebut masih kurang maksimal dan perlu ditingkatkan lagi. Kata kunci : Peranan Humas, Frontliner.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 19 Dec 2019 02:48
Last Modified: 19 Dec 2019 02:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23540

Actions (login required)

View Item View Item