Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Open ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah atas Negeri 1 Kelayang

SITI HAMIDAH, 11516203700 (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Open ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah atas Negeri 1 Kelayang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (825kB)
[img] Text
SKRIPSI MIDAH UPLOAD.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran open ended terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kelayang. Hal ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kelayang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X1 ilmu pengetahuan sosial dan objek penelitiannya adalah model pembelajaran open ended dengan kemampuan pemecahan masalah Siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah uji pengaruh dengan mengunakan uji t. Sedangkan hasil analisis statistik terhadap kemampuan pemecahana masalah siswa dalam belajar setelah perlakuan, diperoleh kesimpulan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha di terima. Dengan demikian, hasil analisis ini mendukung hipotesis yang diajukan yaitu ada perbedaan yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Open Ended (variabel X) terhadap kemampuan siswa memecahkan masalah dalam pembelajaran ekonomi (variabel Y) pada kelas eksperimen dengan membandingkan t dengan dimana t ≥ atau 6,283>2,040, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sumbangan pengaruh penggunaan model pembelajaran Open Ended (variabel X) sangat berpengaruh terhadap kemampuan siswa memecahkan masalah dalam pembelajaran ekonomi (variabel Y) sebesar 82,3%.. Kata kunci: Model Pembelajaran Open Ended, Kemampuan Siswa, Memecahkan Masalah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Dec 2019 08:11
Last Modified: 17 Dec 2019 08:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23515

Actions (login required)

View Item View Item