Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pendidikan Seks dalam Keluarga Terhadap Anak Ditinjau dari Perspektif Islam

Zainal Abidin (2017) Pendidikan Seks dalam Keluarga Terhadap Anak Ditinjau dari Perspektif Islam. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
1. 201745PAI-S2 COVER.pdf

Download (260kB)
[img] Text
2. 201745PAI-S2 PENGESAHAN.pdf

Download (287kB)
[img] Text
3. 201745PAI-S2 KATA PENGANTAR.pdf

Download (269kB)
[img] Text
4. 201745PAI-S2 DAFTAR ISI.pdf

Download (272kB)
[img] Text
5. 201745PAI-S2 ABSTRAK.pdf

Download (319kB)
[img] Text
6. 201745PAI-S2 BAB I.pdf

Download (403kB)
[img] Text
7. 201745PAI-S2 BAB II.pdf

Download (562kB)
[img] Text
8. 201745PAI-S2 BAB III.pdf

Download (410kB)
[img] Text
9. 201745PAI-S2 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB)
[img] Text
10. 201745PAI-S2 BAB V.pdf

Download (263kB)
[img] Text
11. 201745PAI-S2 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)

Abstract

Konsep pendidikan seks ditinjau dari perspektif Islam bukanlah mengajarkan cara melakukan hubungan seks yang aman dari penyakit menular seksual dan agar tidak terjadi kehamilan (how to have safe sex )sebagaimana yang telah dilakukan di barat yang justru menimbulkan permasalahan yang besar (terbuka kesan mencoba-coba ). Berbeda halnya dengan Islam yang mengajarkan cara menghindari hal-hal yang menyebabkan perzinahan dan perilaku seksual menyimpang. Islam lebih menekankan kepada aspek kehormatan diri, kesucian, kesopanan, kesantunan, dan upaya penyadaran diri bahwa berhubungan seks hanya boleh bagi orang yang telah menikah (how to have halal sex ). Kasus kekerasan seksual di Indonesia, terutama kekerasan seksual pada anak di bawah umur beberapa tahun terakhir terus meningkat. Kekerasan seksual terhadap perempuan dalam kurun waktu 13 tahun terakhir berjumlah hampir seperempat dari seluruh total kasus kekerasan terhadap perempuan yang dilaporkan. Bahkan, pada tahun 2012-2013 terdapat sekitar 30% peningkatan angka kekerasan seksual dan itu sama artinya dengan 35 orang setiap harinya menjadi korban kekerasan seksual. Patut kiranya dilakukan usaha preventif dan protektif untuk mencegah korban berikutnya, salah satunya dengan memberikan pendidikan seks dalam keluarga terhadap anak ditinjau dari perspektif Islam. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengenai bagaimana konsep pendidikan seks dalam keluarga terhadap anak perspektif Islam, Peran Keluarga (orangtua ) dalam pendidikan seks, materi dan metode mengajarnya. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research ). Sumber primer dalam penelitian ini ialah Al-Qur’an dan Hadits yang berkaitan dengan pendidikan seks dan sumber sekundernya ialah tulisan dan penelitian mengenai pendidikan seks. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah kepustakaan. Teknik analisis data pada penelitian ini ialah dengan menggunakan model analisis data “Content Analysis”, dengan tahapan analisis penentuan unit analisis, pengumpulan data, proses inferensi, dan interpretasi. Hasil dari analisis data bahwa konsep pendidikan seks dalam keluarga terhadap anak ditinjau dari perspektif Islam adalah suatu usaha preventif dan protektif yang dilakukan oleh orangtua yang menekankan pada aspek Aqidah, (kehormatan dan kesucian diri ), Fiqih, (kebersihan badan dan kelamin), dan Akhlak, (kesopanan dan kesantunan ), yang dibutuhkan anak agar dapat terbebas dari masalah-masalah seksual yang menyimpang, sehingga ia dapat memahami dirinya sendiri sebagai makhluk seksual serta untuk dapat mengadakan hubungan interpersonal yang baik antara anak dan orangtua secara terbuka dan harmonis. Peran keluarga (orangtua ) dalam memberikan pendidikan seks meliputi sebagai pemberi informasi yang utama, teladan, fasilitator dan pengontrol. Materi pendidikan seks dalam Islam meliputi aspek Aqidah, (kehormatan dan kesucian diri ), Fiqih, (kebersihan badan dan kelamin), dan Akhlak, (kesopanan dan kesantunan ). Metode yang dapat digunakan ialah metode keteladanan, ceramah, pembiasaan yang baik, dialog, kisah, penghargaan dan hukuman.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Hukum Keluarga
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 18 Dec 2019 08:00
Last Modified: 18 Dec 2019 08:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23505

Actions (login required)

View Item View Item