Dwi Restia Ningsih, 11518204821 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Time Token untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Tema Indahnya Kebersamaan di Kelas IV SDN 001 Pendalian IV Koto. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUTLAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
GABUNGAN OKE.pdf Download (34MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (699kB) |
Abstract
ABSTRAK Dwi Restia Ningsih, (2019): Penerapan Model Pembelajaran Time Token untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Tema Indahnya Kebersamaan di Kelas IV SDN 001 Pendalian IV Koto Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Keterampilan berbicara siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Time Token untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Tema Indahnya Kebersamaan di Kelas IV SDN 001 Pendalian IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa diantaranya siswa tidak dapat mengungkapkan pendapat atau pikiran tentang materi yang sudah dijelaskan guru, siswa yang tidak mampu menyampaikan pendapat dengan suara yang jelas dan yang tepat, siswa yang tidak menyampaikan pendapat dengan kejelasan dalam berintonasi, siswa yang tidak tepat dalam berekspresi dalam menyampaikan pendapatnya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 29 orang siswa. penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Time Token dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan keterampilan berbicara siswa diperoleh dengan persentase sebesar 36,78% atau berada pada kategori Kurang. Setelah menerapkan model pembelajaran Time Token pada siklus I keterampilan berbicara siswa mencapai 61,3% dengan kategori Cukup Baik. Pada siklus II keterampilan berbicara siswa menjadi meningkat mencapai 86,9% dengan kategori Baik, artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Time Token dapat Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Tema Indahnya Kebersamaan di Kelas IV SDN 001 Pendalian IV Koto . Kata Kunci: Time Token, Keterampilan Berbicara Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 06 Dec 2019 03:58 |
Last Modified: | 06 Dec 2019 03:59 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23085 |
Actions (login required)
View Item |