Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN ALGORITME RABIN-KARP DAN COSINE SIMILARITY UNTUK PEMERIKSAAN KESAMAAN DOKUMEN TUGAS MAKALAH MAHASISWA (STUDI KASUS: TEKNIK INFORMATIKA UIN SUSKA RIAU)

Elvy Marisha, 11551205100 (2019) PENERAPAN ALGORITME RABIN-KARP DAN COSINE SIMILARITY UNTUK PEMERIKSAAN KESAMAAN DOKUMEN TUGAS MAKALAH MAHASISWA (STUDI KASUS: TEKNIK INFORMATIKA UIN SUSKA RIAU). Skripsi thesis, universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

This is the latest version of this item.

[img] Text
LAP-Elvy Marisha (I,II,III, IV, VI)).pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB V)
LAP-Elvy Marisha (BAB-V only).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kesamaan dokumen (document similarity) merupakan fondasi dari sistem kecerdasan dalam pemrosesan data seperti information retrieval dan klasifikasi teks. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan terhadap beberapa dosen Teknik Informatika UIN SUSKA Riau, didapatkan bahwa masih banyak ditemukan kasus kesamaaan dokumen tugas makalah antara satu mahasiswa dengan mahasiswa lain, sehingga perlu dilakukan proses pemeriksaan kesamaan dokumen tugas makalah mahasiswa. Pada penelitian ini, algoritme yang diterapkan untuk melakukan proses pemeriksaan kesamaan dokumen adalah algoritme Rabin-Karp dan Cosine Similarity. Algoritme Rabin-Karp digunakan untuk proses prepocessing dan ekstraksi nilai hash. Sedangkan Cosine similarity digunakan untuk menghitung nilai persentase kesamaan dari dokumen yang diuji. Hasil pengujian tata letak kalimat didapatkan bahwa nilai similarity akan tetap sama walaupun letak kalimat telah diubah. Selanjutnya, hasil pengujian dokumen yang sama akan menghasilkan presentase similarity 100%. Sebaliknya, hasil pengujian dokumen yang tidak sama akan menghasilkan presentase similarity 0%. Selain itu pengujian dua dokumen dengan nilai K yang digunakan 3, 5, 6, dan 7 diperoleh hasil bahwa semakin kecil nilai K-gram maka semakin tinggi hasil similarity yang diperoleh dan nilai similarity tertinggi terletak pada K= 3 yaitu sebesar 18,54 %. Kemudian, hasil pengujian perbandingan antara sistem pemeriksaan kesamaan dokumen dengan plagiarism checker x dari 15 file dokumen, diperoleh nilai similarity tertinggi 10,29 % pada sistem pemeriksaan dokumen dan pada plagiarism checker x nilai similarity tertinggi 14,06 %.”

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 11 Dec 2019 03:11
Last Modified: 11 Dec 2019 03:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23074

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item