RIDHO ADE PUTRA, - (2019) SISTEM REKOMENDASI PRODUK PADA E-COMMERCE MENGGUNAKAN METODE CONTENT BASED DAN COLLABORATIVE FILTERING. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text (BAB V)
v1 Lengkap Tanpa BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (27MB) |
|
Text
BAB V WATERMARKED.pdf Download (12MB) |
Abstract
Pengguna internet yang terus meningkat mengakibatkan data yang terus bertambah. Lonjakan data tersebut menjadi masalah baru bagi pengelola E-commerce atas produknya yang dikhawatirkan tidak terlihat oleh customer. Salah satu langkah yang bisa diambil adalah dengan penerapan sistem rekomendasi. Sistem rekomendasi dapat menampilkan item yang relavan pada user. Sistem rekomendasi juga perlu dilihat penerapannya. Jika dilihat dari permasalahan E-commerce yang ingin menampilkan produk yang relavan untuk customer, maka salah satu metode yang dapat diterapkan adalah Content Based yang dipadukan dengan Collaborative Filtering, karena aspek yang menjadikan produk tersebut direkomendasikan bukan hanya berdasarkan kemiripan konten, melainkan juga berdasarkan aktifitas user seperti memberi rating, melihat produk hingga membelinya. Data yang digunakan untuk penelitian ini berjumlah 400 data produk yang terdiri dari kategori fashion, elektronik, obat & kosmetik, kamera, rumah tangga yang diambil dari berbagai E- commerce Indonesia, serta aktivitas 10 orang pengguna untuk mendapatkan data aktivitas. Namun, dengan menggunakan 10 pengguna tidak begitu mendapatkan akurasi yang baik yaitu hanya sebesar 66%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 05 Dec 2019 03:14 |
Last Modified: | 05 Dec 2019 03:15 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23035 |
Actions (login required)
View Item |