Ernawati, - (2019) PENILAIAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA TENAGA PENDIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 40 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
BAB IV PEMBAHASAN.pdf Download (432kB) |
|
Text (BAB IV)
GABUNG.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
Ernawati (2019): Penilaian Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Tenaga Pendidik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: penilaian kepala sekolah terhadap kinerja tenaga pendidik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif kualitatif, Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, sedangkan objek penelitian ini adalah Penilaian Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Tenaga Pendidik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan transkripsi, pengkodean, kategorisasi dan interpretasi data. Hasil dari penelitian ini adalah: a) Pengertian penilaian kinerja merupakan cara pengukuran kontribusi-kontribusi dari individu dalam instansi yang dilakukan terhadap organisasi. Nilai penting dari penilaian kinerja adalah menyangkut penentuan tingkat kontribusi individu atau kinerja yang diekspresikan dalam penyelesaian tugas-tugas yang menjadi tanggung jawabnya. b) Materi penilaian yang dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 adalah cara mengajar tenaga pendidik, penilaian sikap guru dan kehadiran guru. Pertama, cara mengajar guru juga sangat penting dalam materi penilaian karena dengan adanya cara mengajar tersebut bisa mengoptimalkan pekerjaan guru. Kedua, penilaian sikap merupakan penilaian yang dilakukan kepala sekolah terhadap guru yang melakukan proses pembelajaran. Ketiga, kehadiran guru merupakan keikutsertaan guru secara fisik terhadap aktivitas-aktivitas di sekolah. Kehadiran guru merupakan elemen yang sangat berpengaruh dalam kemajuan suatu sekolah. c) Cara Penilaian Guru oleh Kepala Sekolah yang dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru dilakukan secara individual saat mengajar dan ada juga penilaian dalam bentuk absensi kehadiran tenaga pendidik. Penilaian ini dilakukan dalam setahun 2 kali. Pihak yang dinilai adalah pekerja sedangkan yang menilai adalah atasan. Proses penilaian dilakukan secara periodik, misalnya setiap tiga bulan, enam bulan, atau setiap tahun. Hasil penilaian dapat menjelaskan sukses tidaknya pekerjaan yang telah dilakukan. d) Cara follow up di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru ini yang dilakukan kepala sekolah terhadap guru yaitu dengan pemanggilan guru ke dalam ruangan kepala sekolah, sambil berbicara mengenai hasil yang didapatkan. Dengan hasil yang didapatkan dari penilai, kepala sekolah langsung mengatasi masalah yang terjadi. Setelah adanya tidak lanjut kepala sekolah memberi arahan kepada guru yang bersangkutan. Kata Kunci: Penilaian Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Tenaga Pemdidik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 04:56 |
Last Modified: | 04 Dec 2019 04:57 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22997 |
Actions (login required)
View Item |