Mardiani, - (2019) PelaksanaanPelayanan Terhadap Nasabah Perseroan Terbatas (PT) Bank Riau Kepri Cabang Lipat Kain Menurut Ekonomi Islam. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (500kB) |
|
Text
GABUNG.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Mardiani(2019):PelaksanaanPelayanan Terhadap Nasabah Perseroan Terbatas (PT) Bank Riau Kepri Cabang Lipat Kain Menurut Ekonomi Islam Bank adalah usaha di bidang keuangan yang menghimpun dan menyalurkan data di masyarakat, terutama memberikan kredit dan jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang. Dalam Undang-Undang Nomor 10 tahun 1998 tentang perbankan dirumuskan bahwa bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kredit atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Pelayanan ini pada dasarnya adalah memberikan semua kegiatan keuangan yang dibutuhkan dan diinginkan oleh nasabah, sehingga nasabah memperoleh kemudahan dalam melakukan kegiatan transaksi keuangannya.Pelayanan yang prima atau service excellence adalah jenis pelayanan yang mampu memberikan harapan yang tertinggi dari nasabah terhadap pelayanan bank. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pelayanan terhadap nasabah pada PT. Bank Riau Kepri Cabang Lipat Kain dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam tentang pelaksanaan pelayanan terhadap nasabah pada PT. Bank Riau Kepri Cabang Lipat Kain. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, yang bertempat pada PT. Bank Riau Kepri Cabang Lipat Kain Kabupaten Kampar.Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah karyawan dan nasabah PT. Bank Riau Kepri Cabang Lipat Kain, maka dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu analisis yang tidak menggunakan model metematika, model statistic. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa pelaksanaan pelayanan terhadap nasabah pada PT. Bank Riau Kepri Cabang Pembantu Lipat Kain. Berdasarkan kuisioner yang penulis sampaikan kepada responden (nasabah) menjawab hasil dari kinerja karyawan dalam segi pelayanan pada PT. Bank Riau Cabang Pembantu Lipat Kain sangat baik. Sedangkan tinjauan ekonomi Islam tentang pelaksanaan pelayanan terhadap nasabah pada PT. Bank Riau Kepri Cabang Lipat KainDari analisa di atas dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pelayanan PT. Bank Riau Kepri Cabang Lipat Kain tidak bertentangan dengan syariat Islam. Keluhan dan pengaduan yang di sampaikan nasabah kepada karyawan PT. Bank Riau Kepri Cabang Lipat merupakan bentuk saling menasehati anatara sesama muslim yang dianjurkan oleh Allah SWT. Selain itu, juga terdapat nilai-nilai kebaikan dalam hal ini seperti memberitahukan karyawan bank kepada suatu hal yang baik dan juga merupakan sikap tolong menolong antara sesama umat manusia yang tertuang dalam alQuran surat alMaidah ayat 2. Kata Kunci: PelaksanaanPelayanan Terhadap Nasabah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 27 Nov 2019 06:50 |
Last Modified: | 27 Nov 2019 06:50 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22831 |
Actions (login required)
View Item |