Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ISOLATION AND CHARACTERIZATION OF SYMBIOTIC BACTERIA IN ROOTS OF PINEAPPLE (Ananas comosus Merr., L.) ON PEAT SOIL IN KUALU NANAS VILLAGE TAMBANG DISTRICT OF KAMPAR REGENCY

Rizki, - (2019) ISOLATION AND CHARACTERIZATION OF SYMBIOTIC BACTERIA IN ROOTS OF PINEAPPLE (Ananas comosus Merr., L.) ON PEAT SOIL IN KUALU NANAS VILLAGE TAMBANG DISTRICT OF KAMPAR REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
cover -lampiran kecuali bab 4.pdf

Download (27MB)
[img] Text (BAB IV)
15. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

RIZKI (2019): ISOLASI DAN KARAKTERISASI BAKTERI YANG BERSIMBIOSIS DI AKAR TANAMAN NANAS (Ananas comosus Merr., L.) LAHAN GAMBUT DESA KUALU NANAS KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR Tanaman nanas banyak dibudidayakan di tanah gambut yang memiliki pH sangat masam. Kondisi ini menjadi salah satu faktor terbatasnya pertumbuhan bakteri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengisolasi dan mengidentifikasi bakteri yang bersimbiosis dengan akar tanaman nanas dan mengetahui aktifitas biologisnya. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Desember 2018 sampai Januari 2019 di Laboratorium Patologi, Entomologi dan Mikrobiologi Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dan di UPT Laboratorium Kesehatan dan Lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode observasi dengan mengambil sampel akar nanas bagian pangkal, tengah dan ujung dengan panjang masing-masing 10 cm sebanyak 20 gram per bagian akar dan data disajikan dalam bentuk deskriptif. Parameter yang diamati dalam penelitian ini yaitu pH tanah dan populasi bakteri. Karakterisasi bakteri meliputi makroskopis, mikroskopis dan uji aktifitas biologinya (uji IAA secara kualitatif, uji pelarut fosfat dan uji daya hambat secara in-vitro). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pH tanah yang didapatkan yaitu 2,80 dengan populasi bakteri rata-rata dari tiga bagian akar yaitu 5,95 × 105 CFU/g akar. Sebanyak 4 isolat mampu menghasilkan hormon IAA yaitu bakteri Bacillus sp.2, Bacillus sp.3, Bacillus sp.4 dan Bacillus sp.6. Sebanyak 4 isolat mampu melarutkan fosfat yaitu genus Bacillus sp.1, Bacillus sp.4, Bacillus sp.5 dan Bacillus sp.6 dan sebanyak 4 isolat mampu berperan sebagai agen biokontrol terhadap cendawan Fusarium sp. yaitu bakteri Bacillus sp.2, Bacillus sp.3, Bacillus sp.4 dan Bacillus sp.6. Didapatkan 2 isolat bakteri yang bersimbiosis secara mutualisme yaitu bakteri Bacillus sp.3, dan Bacillus sp.4.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 27 Nov 2019 04:10
Last Modified: 27 Nov 2019 04:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22807

Actions (login required)

View Item View Item