Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ECONOMIC TECHNOLOGY ANALYSIS OF MARKET WASTE UTILIZATION AS A MATERIAL MAKING OF ORGANIC LIQUID FERTILIZER WITH THE ADDITION OF EM4 (EFFECTIVE MICROORGANISM 4), YEAR, AND WHEY KEFIR

Jaka Prindra Ilahi, - (2019) ECONOMIC TECHNOLOGY ANALYSIS OF MARKET WASTE UTILIZATION AS A MATERIAL MAKING OF ORGANIC LIQUID FERTILIZER WITH THE ADDITION OF EM4 (EFFECTIVE MICROORGANISM 4), YEAR, AND WHEY KEFIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
FILE LENGKAP.pdf

Download (9MB)
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (939kB)

Abstract

Jaka Prindra Ilahi (2019)Analisis Tekno Ekonomi Pemanfaatan Sampah Pasar Sebagai Bahan Pembuatan Pupuk Organik Cair Dengan Penambahan EM4 (Effective Microorganisme 4), Ragi, Dan Whey Kefir. Pasar Selasa Panam merupakan sebuah pasar tradisional yang dimana terdapat banyak tumpukan sampah di sekitar area pasar. Tumpukan sampah ini dapat menyebabkan pencemaran lingkungan yang menimbulkan bau tidak sedap. Penelitian ini bertujuan untuk pembuatan pupuk organik cair berbahan limbah pasar dengan penambahan EM4, Ragi, dan Whey Kefir, melakukan pengujian terhadap kandungan unsur hara N, P, K pada pupuk organik cair, menganalisis tekno ekonomi pupuk organik cair berdasarkan HPP dan BEP. Pada penelitian ini menggunakan metode rancangan acak lengkap digunakan untuk menentukan perlakuan pada pembuatan pupuk organik cair dan variabel costing untuk menghitung HPP. Kemudian metode BEP untuk menentukan kapan titik impas akan tercapai. Telah berhasil dilakukan pembuatan pupuk organik cair berbahan limbah pasar pemberian bakteri EM4, Ragi, dan Whey Kefir. Hasil uji kandungan unsur hara N, P, K didapatkan sampel C memiliki hasil yang terbaik dengan nilai N 0,4129%, P 0,1223%, dan K 0,2101%. HPP pada pupuk organik yang didapatkan sebesar Rp 5.222/liter. Harga jual yang ditetapkan berdasarkan perhitungan dengan keuntungan margin sebesar 16% adalah sebesar Rp 6.000/liter dan BEP diperoleh sebanyak 321 liter selama setahun, sehingga BEP dapat di capai dalam waktu 71 hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 26 Nov 2019 04:24
Last Modified: 26 Nov 2019 04:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22803

Actions (login required)

View Item View Item