Diana Sahara (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 23 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.
|
Text
2011_2011407.pdf Download (298kB) | Preview |
Abstract
Dalam proses pembelajaran, seorang guru harus merencanakan dan menerapkan strategi, sehingga siswa dapat mengembangkan kemampuan belajar yang lebih baik. Selama proses pembelajaran berlangsung, guru harus mempunyai cara yang tepat agar siswa dapat belajar secara efektif dan efisien. Salah satu cara untuk menguasai strategi ini ialah guru harus menguasai teknik teknik penyajian yang biasanya disebut dengan strategi pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat diterapkan agar siswa terlatih berfikir dan bergairah adalah strategi pembelajaran berbasis masalah. Strategi pembelajaran berbasis masalah adalah rangkaian aktivitas pembelajaran yang menekankan pada proses penyelesaian masalah yang dihadapi secara ilmiah, sistimatis dan logis. Salah satu SMP Negeri yang menerapkan strategi pembelajaran berbasis masalah dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama adalah SMP Negeri 23 Pekanbaru. Namun berdasarkan pengamatan ditemukan gejala-gejala: rendahnya penguasaan siswa terhadap materi yang sudah diajarkan, sebahagian Sebagian besar siswa tidak berpartisipasi dalam mengeluarkan pendapat, siswa yang mengeluarkan pendapat terbatas pada siswa yang itu-itu juga, kadang kadang guru mendominasi jalannya pembelajaran, ada sebagian siswa yang mengemukakan pendapat tetapi tidak relevan dengan masalah yang sedang dibahas. Masalah dalam kajian ini terfokus pada bagaimana penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dan faktor-faktor apa yang mendukung dan menghambat penerapannya. Subjek penelitian adalah guru agama sebanyak 3 orang, sedangkan objek penelitian adalah penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penyajian dan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 23 Pekanbaru dikategorikan cukup baik yang secara kuantitatif terlaksana 57,14%, belum sampai pada kategori baik. Faktor penghambat adalah faktor siswa, fasilitas dan waktu. Sedangkan yang mendukung adalah faktor pengetahuan dan pengalaman guru yang memadai.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 01 Feb 2016 05:47 |
Last Modified: | 01 Feb 2016 05:47 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2280 |
Actions (login required)
View Item |