Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN METODE TANYA JAWAB DAN DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs.MUHAMMADIYAH PENYASAWAN KECAMATAN KAMPAR

Murniati (2011) KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN METODE TANYA JAWAB DAN DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs.MUHAMMADIYAH PENYASAWAN KECAMATAN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011394.pdf

Download (344kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni: peneliti ingin mengetahui kemampuan guru dalam mengggunakan metode tanya jawab dan demonstrasi pada mata pelajaran fiqih di MTs Muhammadiyah Penyasawan Kecamatan Kampar, dan juga peneliti ingin mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan guru dalam menggunakan metode tanya jawab dan demonstrasi pada mata pelajaran fiqih. Subjek dari penelitian ini adalah guru di MTs Muhammadiyah Penyasawan Kecamatan Kampar, objeknya adalah kemampuan guru dalam menggunakan metode tanya jawab dan demonstrasi pada mata pelajaran fiqih dan faktor-faktoryang mempengaruhinya. Metode pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi dan wawancara,dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif dengan persentase, yaitu menggambarkan dengan kata-kata atau kalimat yang dipisahkan menurut kategori dalam memperoleh kesimpulan, hasil perhitungan dan pengukuran dapat diproses dengan cara dijumlahkan, dibandingkan dengan jumlah yang diharapkan dan diperoleh persentase, kemudian ditafsirkan dengan kalimat yang bersifat kualitatif. Dari penelitian yang dilakukan di MTs Muhammadiyah Penyasawan didapat bahwa kemampuan guru dalam menggunakan metode tanya jawab pada mata pelajaran fiqih adalah cukup baik, yaitu 72,2% yang berada antara 56–75%,dan metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih juga cukup baik, yaitu 73,5% berada diantara 56-75%. Faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah lebih didominasi oleh fasilitas, pengetahuan guru tentang metode mengajar, dan situasi dan kondisi murid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 04:36
Last Modified: 01 Feb 2016 04:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2274

Actions (login required)

View Item View Item