Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pelaksanaan aqad Jual Beli Pesanan Pembuatan Teralis Pada CV Karya Baja di Desa Binuang Kecamatan Bangkinang Perspektif Fiqih Muamalah”

Ririn Erliza, - (2019) Pelaksanaan aqad Jual Beli Pesanan Pembuatan Teralis Pada CV Karya Baja di Desa Binuang Kecamatan Bangkinang Perspektif Fiqih Muamalah”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[img] Text
GABUNG.pdf

Download (8MB)

Abstract

dapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan aqad jual beli pesanan pada pembuatan teralis pada CV Karya Baja dan bagaimana pandangan Fiqih Muamalah terhadap pelaksanaan aqad jual beli pesanan pada pembuatan teralis pada CV Karya Baja Desa Binuang Kecamatan Bangkinang. Penelitian ini bersifat penelitian lapangan, adapun latar belakang penelitian ini adalah hasil observasi penulis terhadap responden baik pembeli maupun penjual yang mana adanya kejanggalan terhadap jual beli tersebut, sehingga adanya keinginan penulis untuk mengetahui lebih dalam tentang pelaksanaan jual beli pesanan yang diterapkan oleh pengusaha teralis Desa Binuang Kecamatan Bangkinang. Populasi dari penelitian ini adalah 1 orang pemilik usaha pembuatan teralis CV Karya Baja dan 25 orang pemesan (pembeli). Karena populasi dalam penelitian relatif sedikit, maka seluruh populasi dijadikan sampel dengan teknik Total Sampling. Adapun sumber data dari penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang kemudian di analisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Sedangkan pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara, Angket dan Dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dihasilkan beberapa temuan bahwa dalam pelaksanaan pesanan pada usaha tersebut terdapat beberapa masalah diantaranya : tidak sesuainya barang yang diterima oleh pihak konsumen dengan pemesanan, terjadinya keterlambatan dari pihak produsen dalam menyelesaikan barang pesanan dan adanya ditemukan barang yang cacat yang tidak bisa digunakan. Selanjutnya berdasarkan hasil penelitian melalui Observasi, Wawancara, Angket dan Dokumentasi dapat diketahui bahwa pelaksanaan aqad jual beli pesanan (Istishna’) pada usaha pembuatan teralis pada CV Karya Baja Desa Binuang Kecamatan Bangkinang sebagian sudah sesuai dengan konsep Istishna’dari segi pemesanan dan pembayarannya dimana dalam konsep Istishna’ jual beli dilakukan pemesanan dan dibayar diakhir atau di tangguhkan. Sedangkan kendala dan masalah yang tidak sesuai adalah masih ada pesanan barang yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang disepakati, keterlambatan penyelesaian, tidak adanya catatan perjanjian dalam pemesan barang dan penundaan pembayaran oleh pembeli (pemesan) hanya saja pencacatan dilakukan apabila pemesanan dalam jumlah besar. Dan dalam ekonomi Islam ini tidak dibenarkan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 04 Dec 2019 05:08
Last Modified: 04 Dec 2019 05:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22732

Actions (login required)

View Item View Item