Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Rotating Trio Exchange terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Lintau Buo

Dina Mulyana, - (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Rotating Trio Exchange terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Lintau Buo. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
15. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (782kB)
[img] Text (ganungan)
gabungan ok.pdf

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK Dina Mulyana, (2019): Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Rotating Trio Exchange terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Lintau Buo Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran Kooperatif Rotating Trio Exchange terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Lintau Buo. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang bervariasinya penggunaan model pembelajaran yang dipakai oleh guru, minat belajar siswa rendah, dan mendapatkan hasil belajar di bawah kriteria ketuntasan minimum. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperiment. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Lintau Buo sedangkan objeknya adalah pengaruh model pembelajaran Kooperatif Rotating Trio Exchange pada Mata Pelajaran Ekonomi terhadap hasil belajar siswa di SMAN 1 Lintau Buo. Teknik pengambilan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 80,57, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 69,44. Berdasarkan analisis uji t dari skor hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai thitung > ttabel dengan taraf signifikan 5% (2,026) dan 1% (2,431) atau 2,026 < 3,132 > 2.431 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Kooperatif Rotating Trio Exchange terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di kelas XI IPS di SMAN 1 Lintau Buo. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Rotating Trio Exchange, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Nov 2019 07:25
Last Modified: 21 Nov 2019 07:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22690

Actions (login required)

View Item View Item