Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Adiksi Bermain Game Online terhadap Pelaksanaan Ibadah Shalat Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Siak kecamatan Siak kabupaten Siak.

Eko Kurniawan, - (2019) Pengaruh Adiksi Bermain Game Online terhadap Pelaksanaan Ibadah Shalat Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Siak kecamatan Siak kabupaten Siak. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (987kB)
[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Eko Kurniawan, (2018): Pengaruh Adiksi Bermain Game Online terhadap Pelaksanaan Ibadah Shalat Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Siak kecamatan Siak kabupaten Siak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh gejala bahwa adanya beberapa siswa yang terindikasi mengalami adiksi bermain game online melupakan kewajiban beribadah ketika bermain game online dan keingintahuan peneliti terhadap seberapa besar atau seberapa signifikan gejala tersebut terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan adiksi bemain game online terhadap pelaksanaan ibadah shalat siswa dan dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Siak kecamatan Siak kabupaten Siak pada bulan Juli-Agustus 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 140 siswa yang diperoleh dengan teknik purposive sampling dan kemudian diperkecil melalui pengkategorisasian menjadi 60 siswa. Maka real sampling yang digunakan adalah 60 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen non-tes, yaitu kuesioner dengan menggunakan skala Guttman pada variabel X dan variabel Y. Teknik pengolahan data kuesioner menggunakan perhitungan uji korelasi Product Moment Pearson diperoleh nilai rhitung = 0.427 lebih besar dari rtabel pada taraf signifikan 5%= 0.250 dan taraf signifikan 1%= 0.325 dengan arah hubungan korelasi negatif atau berlawanan. Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Hal tersebut berarti semakin tinggi tingkat adiksi responden maka semakin berdampak negatif terhadap pelaksanaan ibadah shalat siswa. Kemudian besar pengaruh negatif adiksi bermain game online terhadap pelaksanaan ibadah shalat siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Siak kecamatan Siak kabupaten Siak secara keseluruhan tergolong dalam kategori cukup kuat dengan nilai koefisien determinasi 18.2%. Kesimpulan dari penelitian yaitu ada pengaruh yang signifikan adiksi bermain game online terhadap pelaksanaan ibadah shalat siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Siak kecamatan Siak kabupaten Siak. Kata kunci: Adiksi, game online, shalat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 21 Nov 2019 04:13
Last Modified: 10 Apr 2020 04:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22682

Actions (login required)

View Item View Item