Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGGUNAAN METODE SQ3R UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM DI KELAS IV SDN 010 SUMBER SARI JAYA KECAMATAN TELUK BELENGKONG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Ermi Zarti (2011) PENGGUNAAN METODE SQ3R UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM DI KELAS IV SDN 010 SUMBER SARI JAYA KECAMATAN TELUK BELENGKONG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011328.pdf

Download (755kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas Berdasarkan hasil pengamatan di SDN 010 Sumber Sari Jaya Kecamatan Teluk Belengkong Kabupaten Indragiri Hilir, ditemui beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar antara lain : Murid cendrung tidak dapat menuntaskan materi kegiatan belajar mengajar. Sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (38%) dari 13 orang murid. Murid kurang antusias dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru ketika proses pembelajaran berlangsung. Hal ini dapat diamati dari fakta yang menunjukan bahwa 5 orang saja yang dapat menjawab pertanyaan degan benar. Murid tidak mau bertanya ketika guru memberikan kesempatan untuk bertanya tentang pelajaran yang telah dijelaskan. Berdasarkan hal itu, dilakukan penelitian menggunakan pendekatan PTK. Tujuannya adalah untuk meningkatkan hasil belajar murid melalui penggunaan metode SQ3R dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV SDN 010 Sumber Sari Jaya Kecamatan Teluk Belengkong Kabupaten Indragiri Hilir. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada Materi Kisah Nabi Adam AS dan Nabi Muhammad SAW di Kelas IV SDN 010 Sumber Sari Jaya Kecamatan Teluk Belengkong kabupaten Indragiri hilir? Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Pengamatan dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan sebelum dilakukan tindakan diperoleh rata-rata kelas hasil belajar murid sebesar 49,6% berada pada kategori kurang baik, namun setelah dilakukan tindakan siklus I hasil belajar murid meningkat menjadi 63,5% berada pada kategori sedang. Sedangkan tindakan pada siklus II hasil belajar pendidikan agama Islam murid juga meningkat dengan rata-rata 75,3 % berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode SQ3R dengan baik dan benar dapat peningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam murid kelas IV SDN 010 Sumber Sari Jaya Kecamatan Teluk Belengkong Kabupaten Indragiri Hilir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 04:28
Last Modified: 01 Feb 2016 04:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2268

Actions (login required)

View Item View Item