Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Desain dan Uji Coba Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terintegrasi Nilai-Nilai Islam pada Materi Struktur Atom

Ayu Novita Sari, - (2019) Desain dan Uji Coba Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terintegrasi Nilai-Nilai Islam pada Materi Struktur Atom. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
BAB IV PEMBAHASAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
GABUNG.pdf

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK Ayu Novita Sari, (2019) : Desain dan Uji Coba Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terintegrasi Nilai-Nilai Islam pada Materi Struktur Atom. Lemahnya karakter islami peserta didik Indonesia saat ini membuat peserta didik tidak memiliki tanggung jawab terhadap dirinya sendiri dan lingkungan. Hal ini tidak sejalan dengan tujuan pendidikan yaitu membentuk peserta didik yang memiliki kecakapan intelektual dan spiritual. Salah satu upaya untuk mencapai tujuan pendidikan adalah dengan mengintegrasikan pembelajaran kimia dan islam dalam LKPD. Penelitian pengembangan LKPD terintegrasi nilai-nilai Islam pada materi struktur atom ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui tingkat validitas LKPD terintegrasi nilai-nilai Islam pada materi struktur atom yang telah didesain, (2) Mengetahui tingkat praktikalitas LKPD terintegrasi nilai-nilai Islam pada materi struktur atom yang telah didesain. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, design, Develope dan Desseminate), namun hanya sampai pada tahap ketiga yaitu tahap Pngembangan (Develope). Penelitian ini dilaksanakan di MA Darul Hikmah terhadap peserta didik kelas X MIPA 1 Putri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD terintegrasi nilai-nilai Islam pada materi struktur atom memperoleh persentase validitas ahli materi, ahli agama islam, ahli media pembelajaran berturut-turut sebesar 84,07%, 82% dan 83,63% dengan kriteria sangat valid. Untuk persentase praktikalitas dari guru kimia dan respon peserta didik berturut-turut 83,33% dan 87,07% dengan kriteria sangat praktis. Dapat disimpulkan LKPD terintegrasi nilai-nilai Islam pada materi struktur atom sangat valid dan sangat praktis digunakan sebagai bahan ajar. Kata Kunci : Pengembangan, LKPD, Integrasi Islam, Atom.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Nov 2019 06:59
Last Modified: 18 Nov 2019 07:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22550

Actions (login required)

View Item View Item