Ulfajri (2017) KETERAMPILAN MENGADAKAN VARIASI MENGAJAR GURU BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI MTS MASMUR PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
1. 201710PAI-S2COVER.pdf Download (263kB) |
|
Text
2. 201710PAI-S2PENGESAHAAN.pdf Download (341kB) |
|
Text
3. 201710PAI-S2KATA PENGANTAR.pdf Download (426kB) |
|
Text
4. 201710PAI-S2DAFTAR ISI.pdf Download (340kB) |
|
Text
5. 201710PAI-S2ABSTRAK.pdf Download (329kB) |
|
Text
6. 201710PAI-S2BAB I.pdf Download (454kB) |
|
Text
7. 201710PAI-S2BAB II.pdf Download (736kB) |
|
Text
8. 201710PAI-S2BAB III.pdf Download (611kB) |
|
Text
9. 201710PAI-S2BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
10. 201710PAI-S2BAB V.pdf Download (340kB) |
|
Text
11. 201710PAI-S2DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (266kB) |
Abstract
Pengelolaan kelas yang baik didukung oleh keterampilan mengajar yang diaplikasikan secara profesional oleh guru. Dengan demikian situasi kelas akan kondusif dan terlaksananya aktivitas belajar siswa secara baik. Keterampilan tersebut adalah mengadakan variasi mengajar. Keterampilan mengadakan variasi meliputi variasi suara dan sikap guru, variasi penggunaan media dan variasi pola interaksi. Penelitian ini dilakukan terhadap 4 orang guru Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Tsanawiyah Masmur Pekanbaru. Rumusan masalah adalah: (1) Bagaimana keterampilan mengadakan variasi mengajar guru Bidang Studi PAI, dan (2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keterampilan mengadakan variasi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru mengadakan variasi mengajar di kategorikan cukup dengan persentase 65,06%. Adapun faktor pendukung variasi mengajar guru adalah: (1) lama dan kayanya pengalaman mengajar guru; (2) semangat dan disiplin yang sangat tinggi dari siswa dalam menuntut ilmu. Sedangkan faktor penghambat variasi mengajar adalah: (1) tidak tersedianya media dan alat pembelajaran oleh pihak sekolah; (2) kurangnya keterampilan guru dalam menciptakan alat peraga; (3) kurangnya keterampilan guru dalam menggunakan media; (4) kurang kondusifnya lingkungan tempat bekerja, terutama tidak adanya program reward dan punishment. Akhirnya, segala upaya harus dilakukan oleh semua pihak dalam meningkatkan kualitas pembelajaran agar pencapain tujuan pembelajaran tercapai secara optimal. Kata Kunci: Variasi Mengajar, Aktivitas Belajar
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 18 Nov 2019 03:28 |
Last Modified: | 18 Nov 2019 03:28 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22515 |
Actions (login required)
View Item |