Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 DURAI KABUPATEN KARIMUN

Jasri (2011) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 DURAI KABUPATEN KARIMUN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011238.pdf

Download (523kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas hasil belajar antara siswa yang diberi pengajaran menggunakan metode think pair share dengan siswa yang diberi pengajaran menggunakan metode konvensional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII 1 SMP Negeri I Durai Kabupaten Karimun. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling yang telah diuji cobakan homogenitasnya kemudian ditentukan kelompok eksperimen sebanyak 24 siswa yaitu kelas VIII 1 dan kelompok kontrol sebanyak sebanyak 24 siswa yaitu kelas VIII 2. Metode pengumpulan data dengan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan SPSS. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dengan uji yang digunakan adalah uji khi kuadrat ( ) dan uji homogenitas dengan varians terbesar dibandingkan varians terkecil. Dari hasil analisis data pada α= 5 % diperoleh t tabel = 2.07 dan t hitung = 2.387 karena t hitung > t tabel maka Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diberi pengajaran menggunakan metode think pair share dengan siswa yang diberi pengajaran menggunakan metode konvensional pada pokok bahasan Faktorisasi Bentuk Aljabar. Implikasi dari penelitian ini adalah pengajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share yang memberikan hasil belajar yang lebih baik. Oleh karena itu metode think pair share dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pengajaran guna mengaktifkan siswa pada proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 03:51
Last Modified: 01 Feb 2016 03:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2244

Actions (login required)

View Item View Item