Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA GALERI INVESTASI SYARIAH-BEI FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM UIN SUSKA RIAU

SHOUFI RAHMA DIANTI, 11525201418 (2019) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA GALERI INVESTASI SYARIAH-BEI FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM UIN SUSKA RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV BARU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (937kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peran PIC (person in charge) yang terdapat pada Galeri Investasi Syariah -BEI Fakultas Syariah dan Hukum UIN SUSKA Riau. Dalam melayani nasabah, PIC sudah berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Hanya saja, masih ada beberapa nasabah yang belum merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan. Oleh karena itu, penulis ingin mengetahui tentang bagaimana tingkat kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah pada Galeri Investasi Syariah-BEI Fakultas Syariah dan Hukum UIN SUSKA Riau, apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pada Galeri Investasi Syariah -BEI Fakultas Syariah dan Hukum UIN SUSKA Riau, bagaimana tinjauan Ekonomi Syariah terhadap kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah pada Galeri Investasi Syariah -BEI Fakultas Syariah dan Hukum UIN SUSKA Riau, Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan di Galeri Investasi Syariah-BEI Fakultas Syariah dan Hukum UIN SUSKA Riau. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 800 orang dengan mengambil sampel 10% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 80 orang nasabah. Metode yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, penyebaran angket kepada nasabah secara online dan studi pustaka. Selanjutnya, penulis menganalisa data menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan inferensial dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji model regresi linear berganda, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi (R 2 ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara compliance, assurance, reliability, tangible, empathy dan responsiveness terhadap kepuasan nasabah. Hal ini dapat dilihat dari hasil persamaan regresi Y= 2,605+0,409 1 +0,2212 +0,6573 +0,0564 +0,1785+0,487 6 . Dengan menggunakan uji parsial diketahui terdapat pengaruh yang signifikan antara compliance terhadap kepuasan nasabah dengan nilai t hitung ≥ ttabel (2,071 ≥ 1,993) dengan nilai signifikan 0,042 ≤ 0,05. Dengan menggunakan uji parsial diketahui tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara assurance terhadap kepuasan nasabah dengan nilai t hitung ≤ ttabel (0,932 ≤ 1,993) dengan nilai signifikan 0,354 ≥ 0,05. Dengan menggunakan uji parsial diketahui terdapat pengaruh yang signifikan antara reliability terhadap kepuasan nasabah dengan nilai t hitung ≥ ttabel (2,274 ≥ 1,993) dengan nilai signifikan 0,026 ≤ 0,05. Dengan menggunakan uji parsial diketahui tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara tangible terhadap kepuasan nasabah dengan nilai t hitung ≤ ttabel (0,308 ≤ 1,993) dengan nilai signifikan 0,759 ≥ 0,05. Dengan menggunakan uji parsial diketahui tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara empathy terhadap kepuasan nasabah dengan nilai t hitung ≤ ttabel (0,641 ≤ 1,993) dengan nilai signifikan 0,523 ≥ 0,05. Kemudian juga d engan menggunakan uji parsial diketahui terdapat pengaruh yang signifikan antara ii responsiveness terhadap kepuasan nasabah dengan nilai t hitung ≥ ttabel (2,329 ≥ 1,993) dengan nilai signifikan 0,023 ≤ 0,05. Selanjutnya dengan uji simultan dapat diketahui bahwa compliance, assurance, reliability, tangible, empathy dan responsiveness secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap kepuasan nasabah dengan nilai F hitung ≥ Ftabel yaitu 32,171 ≥ 2,23 dengan nilai signifikan sebesar 000 ≤ 0,05. Nilai koefisien korelasi (R) adalah sebesar 0,852 yang artinya bahwa hubungan atau korelasi antara compliance, assurance, reliability, tangible, empathy dan responsiveness secara bersama-sama dengan kepuasan nasabah memiliki kekuatan hubungan yang tinggi atau kuat. Kemudian koefisien determinasi (R 2 ) adalah sebesar 0,703 yang artinya kontribusi yang diberikan oleh compliance, assurance, reliability, tangible, empathy dan responsiveness secara bersama-sama terhadap kepuasan nasabah adalah sebesar 70,3%, sedangkan sisanya yang sebesar 29,7% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian. Kesimpulannya bahwa assurance, reliability dan responsiveness mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah di Galeri Investasi Syariah-BEI Fakultas Syariah dan Hukum UIN SUSKA Riau. Menurut tinjauan Ekonomi Syariah tentang pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah yang diterapkan pada Galeri Investasi Syariah tidak bertentangan dengan prinsip Ekonomi Syariah. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Compliance, Reliability, Responsiveness, Kepuasan Nasabah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 15 Nov 2019 02:44
Last Modified: 15 Nov 2019 02:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22397

Actions (login required)

View Item View Item