Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM PENYELESAIAN SOAL CERITA PADA BIDANG STUDI MATEMATIKA DI SMP NEGERI 4 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

JOKO MARTANTO (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM PENYELESAIAN SOAL CERITA PADA BIDANG STUDI MATEMATIKA DI SMP NEGERI 4 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012346.pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan efektifitas penyelesaian soal cerita antara siswa yang belajar menggunakan strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah model pembelajaran berbasis masalah efektif dalam penyelesaian soal cerita pada bidang studi matematika di Kelas VIII SMP Negeri 4 Tambang Kabupaten Kampar?” Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tambang yang berjumlah 72 orang, terdiri dari 2 kelas yang telah diuji homogenitasnya menggunakan uji varians. Objek penelitian ini adalah penyelesaian soal cerita. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes, yang dilakukan setiap kali pertemuan. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama lima kali, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Liliefors untuk menguji normalitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan efektifitas penyelesaian soal cerita siswa selama proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan strategi Pembelajaran Berbasis Masalah. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan efektifitas penyelesaian soal cerita yang signifikan antara siswa yang menggunakan strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 08:19
Last Modified: 29 Jan 2016 08:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2194

Actions (login required)

View Item View Item