Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN LEARNING VECTOR QUATIZATION 3 (LVQ 3) DALAM KLASIFIKASI STATUS GIZI BALITA BERDASARKAN INDEKS ANTROPOMETRI DAN FAKTOR MEMPENGARUHI GIZI

Fitri Handayani, - (2019) PENERAPAN LEARNING VECTOR QUATIZATION 3 (LVQ 3) DALAM KLASIFIKASI STATUS GIZI BALITA BERDASARKAN INDEKS ANTROPOMETRI DAN FAKTOR MEMPENGARUHI GIZI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
SELAIN BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Status gizi balita adalah keadaan menyeimbangkan asupan zat gizi yang di dapat dari makanan dan kebutuhan pada zat gizi untuk tubuh pada anak yang berusia 1 hingga 5 tahun. Salah satu penilaian status gizi balita dapat dilakukan dengan menggunakan antropometri. Penelitian ini membangun sistem klasifikasi status gizi balita berdasarkan indeks antropometri berat badan menurut umur (BB/U) dan indeks antropometri tinggi badan menurut umur (TB/U) dengan menerapkan Metode LVQ 3. Adapun variabel yang digunakan terdiri dari jenis kelamin, umur, berat badan, tinggi badan, cara ukur, vitamin A, status ekonomi, pendidikan ibu dan pekerjaan ayah. Data yang digunakan merupakan data primer dari penimbangan massal tahun 2019 sebanyak 500 data balita. Pembagian data yang digunakan yaitu 90%:10% dan 80%:20%. Adapun variasi parameter yang digunakan untuk nilai learning rate (0,05; 0,15; 0,3) dan nilai window (0,2; 0,3; 0,4). Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, LVQ 3 berhasil diterapkan untuk penelitian klasifikasi status gizi balita dengan pembagian data 90%:10% dan learning rate 0.05 pada BB/U akurasi tertinggi 90% sedangkan pada TB/U akurasi tertinggi 60%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 04 Nov 2019 07:04
Last Modified: 04 Nov 2019 07:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21894

Actions (login required)

View Item View Item