Razali, - (2019) UPAYA GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMK NEGERI 1 RENGAT DAN SMA NEGERI 1 RENGAT. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
RAZALI OK.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
19. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (702kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya implementasi pendidikan karakter di SMK Negeri 1 Rengat dan SMA Negeri 1 Rengat yang belum terlaksana secara efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan upaya guru mengimplementasikan pendidikan karakter di SMK Negeri 1 Rengat; (2) mendeskripsikan upaya guru mengimplementasikan pendidikan karakter SMA Negeri 1 Rengat; (3)mengetahui faktor-faktor mendukung dan menghambat upaya guru mengimplementasikan pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru dan Siswa dengan teknik sampel purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan analis deskriptif. Hasil penelitian adalah: (1) Upaya guru mengimplementasikan Pendidikan karakter siswa di SMK Negeri 1 Rengat dilaksanakan dengan dua cara, yakni (a ) Pengintegrasian dalam kehidupan sehari-hari, yang meliputi keteladanan/contoh, melakukan kegiatan spontan, memberikan teguran, pengkondisian lingkungan, dan melakasanakan kegiatan rutin; (b)Pengintegrasian dalam kegiatan yang diprogramkan, yakni menanamkan nilai-nilai religius, jujur, disiplin, kreatif, semangat kebangsaan dan cinta tanah air, peduli lingkungan, peduli sosial, cinta damai dan tanggung jawab. (2) Upaya guru mengimplementasikan Pendidikan karakter siswa di SMA Negeri 1 Rengat dilaksanakan dengan dua cara, yakni: (a ) Pengintegrasian dalam kehidupan sehari-hari, yang meliputi: kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, pengondisian, dan teguran; (b) Pengintegrasian dalam kegiatan yang diprogramkan, yakni menanamkan nilai-nilai religius, disiplin, semangat kebangsaan dan cinta tanah air, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, demokrasi dan cinta damai; (3) Faktor pendukung dan penghambat upaya guru mengimplementasikan pendidikan karakter siswa di SMK Negeri 1 Rengat dan di SMA Negeri 1 Rengat: (a ) Faktor pendukung yang meliputi: faktor latar belakang pendidikan guru, kepemimpinan kepala sekolah; dan fasilitas belajar yang tersedia (b ) Faktor penghambat yang meliputi faktor tingkah laku siswa, faktor motivasi kerja guru dan faktor lingkungan sekitar sekolah. Kata Kunci: Upaya Guru, Mengimplementasikan, Pendidikan Karakter
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 11 Nov 2019 02:36 |
Last Modified: | 11 Nov 2019 02:37 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21848 |
Actions (login required)
View Item |