Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE SNOW BALLING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 1 TEMBILAHAN HULU KABUPATENINDRAGIRI HILIR

SETIA NINGRUM (2013) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE SNOW BALLING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 1 TEMBILAHAN HULU KABUPATENINDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_20131241PMT.pdf

Download (614kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang mengikuti strategi pembelajaran aktif tipe Snow Balling dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pemahaman konsep matematika siswa menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Snow Balling dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di SMA Negeri 1 Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir?” Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Desain. Dalam penelitian ini peneliti langsung berperan sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Tembilahan Hulu, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, dokumentasi dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Snow Balling dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Lilifors untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam pemahaman konsep matematika antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Snow Balling dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tembilahan Hulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:47
Last Modified: 29 Jan 2016 03:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2177

Actions (login required)

View Item View Item