Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Tarif Harga terhadap Minat Pengguna Jasa Ojek Online pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah UIN Suska Riau Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah

HUMAIROH, 11525204194 (2019) Pengaruh Tarif Harga terhadap Minat Pengguna Jasa Ojek Online pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah UIN Suska Riau Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (964kB)

Abstract

ABSTRAK Humairoh, (2019): Pengaruh Tarif Harga terhadap Minat Pengguna Jasa Ojek Online pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah UIN Suska Riau Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah. Latar belakang penelitian ini adalah harga merupakan salah satu variabel penting dalam pemasaran yang dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu produk/jasa, harga juga salah satu penentu yang berpengaruh terhadap minat pembelian. Konsumen cenderung memilih harga yang relatif murah untuk diminatinya, salah satunya tarif harga ojek online. Tarif harga yang ditetapkan ojek online relatif murah dan terjangkau, namun fenomena berdasarkan observasi minat mahasiswa dalam menggunakan jasa transportasi tersebut masih kurang. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah tarif harga ojek online berpengaruh signifikan terhadap minat pengguna jasa ojek online pada mahasiswa jurusan Ekonomi syariah UIN Suska Riau dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam tentang tarif harga terhadap minat pengguna jasa ojek online. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 219 orang yaitu mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah angkatan 2015 UIN Suska Riau. Diambil sampel sebanyak 68 orang dengan menggunakan rumus slovin yaitu (user)/mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah pengguna jasa ojek online. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dan teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, study kepustakaan dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yaitu menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y = 4,688 + 0,469X, dapat disimpulkan bahwa tarif harga memiliki pengaruh positif terhadap minat pengguna jasa ojek online pada mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah UIN Suska Riau. Hasil uji t menunjukkan tarif harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat pengguna jasa ojek online pada mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah UIN Suska Riau. Hal ini dibuktikan dengan diketahui nilai thitung sebesar(10,014) > ttabel (1.99656) dan signifikasi 0,000 < 0,05. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini H0 ditolak dan Ha diterima, diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara tarif harga terhadap minat pengguna jasa ojek online. Nilai koefisien determinasi model adalah 0,603. Artinya adalah bahwa sumbangan pengaruh variabel independen (harga) terhadap variabel dependen (minat) adalah sebesar 60,3%, sedangkan sisanya sebesar 39,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Tinjauan Ekonomi Islam tentang harga ojek online sesuai dengan prisip ‘an tarodin/rela sama rela, amanah, tidak ada unsur gharar dan penipuan dan tidak ada unsur kedzoliman. Kata Kunci: Harga, Minat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 29 Oct 2019 02:51
Last Modified: 29 Oct 2019 02:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21738

Actions (login required)

View Item View Item