Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LEARNING STARTS WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTS AL-USMANIYAH BAGAN BATU KECAMATAN BAGAN SINEMBAH ROKAN HILIR

IDRIS ANSARI (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LEARNING STARTS WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTS AL-USMANIYAH BAGAN BATU KECAMATAN BAGAN SINEMBAH ROKAN HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_20131107PMT.pdf

Download (679kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Starts With A Question terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Al-Usmaniyah Bagan Batu. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe Learning Starts With A Question terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Al-Usmaniyah Bagan Batu Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir?” Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest Design with Nonequivalent Group. Pada penelitian ini yang berperan langsung dalam proses pembelajaran adalah peneliti dan guru sebagai observer. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.B sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi dan tes yang dilakukan setiap kali pertemuan. Pada penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak lima kali, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Starts With A Question terhadap hasil belajar matematika dan satu pertemuan lagi dilaksanakan posttest Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji t, diperoleh nilai thitung = 3,55 yang berarti lebih besar dari ttabel (to> tt) baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu (2,00 < 3,55 > 2,65) sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Starts With A Question berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Al-Usmaniyah Bagan Batu Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:46
Last Modified: 29 Jan 2016 03:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2164

Actions (login required)

View Item View Item