Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN IMPROVING LEARNING DENGAN METODE RESITASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 2 TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

SARIPAH HARYATI (2013) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN IMPROVING LEARNING DENGAN METODE RESITASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 2 TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_20131072PMT.pdf

Download (607kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan pemahaman konsep siswa SMP Negeri 2 Tapung Kabupaten Kampar yang belajar dengan penggunaan pembelajaran improving learning dengan metode resitasi dan siswa yang belajar dengan penggunaan metode konvesional. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tapung Kabupaten Kampar tahun ajaran 2012/2013 pada semester genap dan sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIII C sebanyak 19 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebanyak 19 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunkan dokumentasi, observasi, dan tes. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental and special design dan desain yang digunakan adalah Two - group Post – Test – Only Design. Perhitungan data postes menunjukkan bahwa mean kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol, yaitu sebesar 79,74 untuk kelas eksperimen dan 70,26 untuk kelas kontrol. Selanjutnya, dari uji tes ”t” diperoleh t0 = 2,42. Berdasarkan df = 36 pada taraf signifikan 5% di peroleh ttabel sebesar 2,03. Dengan t0 sebesar 2,42 berarti lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 5% ( 2,42 > 2,03) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analis data tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tapung Kabupaten Kampar yang belajar dengan penggunaan pembelajaran improving learning dengan metode resitasi (kelas eksperimen) dan siswa yang belajar dengan penggunaan metode konvesional (kelas kontrol).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:46
Last Modified: 29 Jan 2016 03:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2162

Actions (login required)

View Item View Item