HELLEN PAULIN (2013) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE SNOW BALLING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
2013_2013993PMT.pdf Download (650kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe snow balling dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe snow balling dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di SMP Negeri 2 Tambang?” Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tambang Tahun Ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 96 siswa. Adapun ukuran sampel pada penelitian ini adalah 25 orang siswa kelas VII1 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan strategi pembelajaran aktif tipe snow balling dan 24 orang siswa kelas VII2 sebagai kelas kontrol yang diterapkan metode pembelajaran konvensional pada pembelajaran matematika. Adapun teknik pengambilan sampel yang dipakai dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak enam kali pertemuan, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe snow balling dan satu pertemuan lagi dilaksanakan posttest. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan Uji Chi-Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus Tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil perhitungan dibandingkan dengan pada taraf signifikan 5% adalah 3,70 > 2,01 atau > , maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe snow balling dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di SMP Negeri 2 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 29 Jan 2016 03:46 |
Last Modified: | 29 Jan 2016 03:46 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2155 |
Actions (login required)
View Item |