FITRIANI, 11315206203 (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH PEKANBARU DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
1. COVER.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (868kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (749kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (642kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (790kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (767kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (443kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap berpikir kreatif matematis siswa yang ditinjau dari kemampuan awal siswa SMP Negeri 10 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Pekanbaru tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling, terpilih kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 38 siswa setiap masing-masing kelas. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan anova dua arah (two factorial design). Instrument yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan awal dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap berpikir kreatif matematis siswa. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasilnya diperoleh bahwa thitung ttabel pada taraf signifikan 5% diperoleh 4,79 2,00. Tidak terdapat perbedaan kemampuan awal siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yang hasilnya diperoleh thitung ttabel pada taraf signifikan 5% yakni -0,0810 2,00. Adanya besar kontribusi kemampuan awal terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis adalah dan sisanya di tentukan oleh faktor lain. Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Dengan demikian secara umum pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis yang ditinjau berdasarkan kemampuan awal siswa SMP Negeri 10 Pekanbaru. Kata kunci : STAD (Student Teams Achievement Divisions), Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Kemampuan Awal
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 18 Oct 2019 08:50 |
Last Modified: | 18 Oct 2019 08:50 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21534 |
Actions (login required)
View Item |